2016-02-09

Macam-macam jenis usaha sampingan terpopuler dijalankan oleh karyawan dan PNS pernah diliris di majalah Bisnis Nasional. Ternyata kebanyakan jenis usaha yang dimuat ada di bidang jasa. Memang cukup mengherankan, mengapa dewasa ini usaha dibidang jasa lebih diminati untuk investasi, padahal kalau kita pikir-pikir “bukankah jasa itu tidak memiliki bentuk nyata?”. Tapi begitulah kenyataan.
 
Selain usaha jasa, masuk juga dalam list beberapa macam usaha dagang, termasuk bisnis online. Kalau ini saya tidak begitu heran, memang pada dasarnya bisnis online bisa dijalankan secara sampingan. Dalam kondisi berjualan di dunia maya kita tidak akan bertemu langsung dengan pembeli, sehingga waktu transaksi bisa diatus sesuai dengan kesepakatan (transfer uang dan pengiriman barang). Misalkan kita tidak punya waktu mengirim barang di pagi hari, maka kita bisa mengatakan pada pembeli bahwa barang tersebut akan kita kirim sore hari atau besok.
 
Berikut ini beberapa usaha sampingan yang cocok bagi karyawan / PNS
Jenis Usaha Keterangan
Ternak / Budidaya ikan lele pada dasarnya perawatan ikan lela yang diternakkan di pekarangan rumah baik media terpal, tong ataupun kola semen dapat dijalankan dengan mudah secara sampingan.

Pemberian pakan lele dilakukan hanya 2 kali sehari, yakni sekali di pagi hari dan sekali di sore hari. Sedangkan proses pembangunan kolam bisa diupahkan pada tukang.

Budidaya ikan lele termasuk usaha juga termasuk bisnis rumahan dengan modal kecil.
Investasi franchise atau waralaba. Secara umum semua waralaba yang baik akan memberikan training pada franchisenya. Untuk ini kita bisa saja mengirim calon karyawan untuk ditraining. Sedangkan kita hanyalah sebagai pemodal.

Tentang bagaimana mengatur gaji karyawan, kita bisa pilih sistem bagi hasil, gaji atau upah harian. Semua tergantung kesepakatan kita tentunya.

Jenis waralaba sebagai usaha sampingan yang cukup menjanjikan ada di bidang perdagangan produk tahan lama. Misalnya waralaba jilbab, baju anak, perlengkapan bayi dan lain-lain. Sedangkan bidang kuliner kurang tepat dijadikan sebagai usaha sampingan karena sifat barangnya yang tidak tahan lama, sehingga mengandung resiko besar (basi, busuk dan lain sebagainya)

Untuk pemula, sebaiknya pilih waralaba dengan modal kecil (dibawah 10 jutaa)
Jualan online / bisnis online / toko online Untuk menjalankan sebuah toko online kita tidak diwajibkan memiliki toko di dunia nyata, tidak juga dituntut untuk menyetok produk yang akan dijual.

Kita bisa menjual produk spesifik di daerah kita ke seluruh dunia, biarkan para produsen lokal berproduksi, sedangkan kita hanya bekerja sebagai penjual online saja. Kita akan membeli produk khas tersebut ketika kita menerima orderan saja.

Sistem bisnis online dapat diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama. Bisnis onlien yang cocok dijadikan usaha sampingan syaratnya adalah:
- produknya kecil
- mudah dikemas dan dikirim via jasa pengiriman
- harganya dibawah 500 ribu
- cukup spesifik, tidak ada di semua daerah
 
Itulah beberapa macam-macam usaha sampingan yang dapat dijalankan oleh karyawan di rumah ataupun secara onlien. Terkait dengan detail produk, teknis dan planing hanya bisa kita diskusikan di sini. Semua orang akan memiliki teknis dan  perencanaan yang berbeda-beda. Gambaran lain bisa juga anda baca usaha dengan modal kecil yang cocok untuk ibu rumah tangga di sini.



Label: , ,